Berita Terbaru AJI Surabaya

Punya masukan untuk AJI Surabaya? Undangan, bahkan pengaduan pelanggaran etika anggota AJI Surabaya? Kirimkan melalui email di ajisurabaya@yahoo.com. Atau telp/fax di nomor 031.5035086. Semua masukan, kritik dll akan dimuat di blog ini. Tetap profesional dan independen!

Rabu, 10 September 2008

Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Anshari Thayib











Anshari Thayib
, 1947-2008
naskah dan photo: Iman D. Nugroho


Segenap pengurus dan anggota AJI Surabaya ikut berduka cita atas meninggalnya Anshari Thayib, tokoh pers Jawa Timur, mantan wartawan Harian Surya, Mantan Ketua PWI Jawa Timur dan Anggota Komnas HAM.

Anshari Thayib adalah salah satu putra terbaik kelahiran Kediri tahun 1947. Sosok yang selama menjadi wartawan dikenal dengan tulisan yang religius dengan tokoh bernama Kyai Siasat ini meninggal dunia akibat sakit kanker getah bening yang dideritanya. Saat penyakit itu mulai mengganggu, Anshari dirawat di Graha Amerta RSU Dr. Soetomo Surabaya hingga akhirnya meninggal dunia, Rabu malam ini.

Kekyaian Anshari semakin terasah saat bapak dua anak ini aktif menjadi salah satu penyuport Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2004 itu berkarir untuk terakhir kalinya sebagai anggota Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) dan sempat ambil bagian dalam investigasi kasus semburan lumpur Lapindo di Porong.

Dalam dunia jurnalistik, Anshari tercatat menjadi wartawan untuk pertama kalinya di Harian Pagi Sinar Harapan pada 1970-an. Saat Majalah Tempo membutuhkan koresponden Jawa Timur, Anshari ikut bergabung hingga akhir tahun 1977. Harian Surya menjadi "persinggahan" jurnalistik pria berperawakan kalem ini dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Litbang dan kreator Kyai Siasat.

Selamat jalan Pak Anshari,..

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Belasan tahun silam, di kantor redaksi SURYA.

+ Kamu pingin jadi wartawan?
- Iya pak.

+ Suka baca buku?
- Suka pak. Kebetulan hobi.

+ Terakhir baca buku apa?
- Eeng, buku terbunuhnya Udin, wartawan Bernas.

+ Wah iya, buku baru. Udin.
- Emang kenapa pak?

+ Bisa bikin tulisan tentang buku itu?
- Bisa pak. Hari ini apa besok?

+ Kalau bisa malam ini.
- Oke pak.

Naskah rampung, dan ternyata sungguh-sunguh ia baca. Hari minggunya, muncul di halaman resensi buku Harian Surya. Senin-nya, Mbak Tini Frida bilang, "Ndro, honor kapan diambil?"

Dari jauh, Pak Anshari tertawa lepas, melihat ke arah saya.

Anonim mengatakan...

orang hebat yang tak susah diwawancarai...

apurwa mengatakan...

Terimakasih telah meloloskan naskah artikel saya untuk dimuat di halaman opini harian Surya belasan tahun silam...selamat jalan Pak Anshari

Anonim mengatakan...

Yang pasti,..dia teman SMA bapakku di Kediri. See ya pak Anshori,..

Anonim mengatakan...

Dapatkan solusi pengobatan kanker secara alami
Penyembuhan Kanker Alami, Aman dan
Murah, dan Banyak Yang Sudah Sembuh juga dapat menyembuhkan diabetes mellitus
telah terbukti sangat berperan dalam proses membantu penyembuhan penyakit-penyakit kronik seperti diabetes mellitus, atherosclerosis, asma, arthritis, jantung, rematik dan segala jenis kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, kanker usus, kanker kulit, dll. Sampaikan info ini kepada orang yang membutuhkan, dan anda sudah menjadi saluran berkat untuk kesembuhan orang lain, terima kasih.
Hanya di http://obatkankers.blogspot.com/
Kontes Banner Berhadiah $ 5.000
Cukup hanya dengan memasang banner gratis di blog, blogspot, wordpress, multiply, friendster. Ingin tahu lebih jauh? Lihat di sini klik HOT
• Mau cari Gosip artis Indonesia hot
Luna Maya, Ariel, Julia Perez, Sandra Dewi Dewi Persik, Sarah Azhari, Agnes Monica
• Cari lirik lagu Indonesia favorit
• Resensi Film dan Trailer terbaru
• Ribuan Game-game Seru
• Zona khusus wanita (Sexy & Sharp)
• Lagu-lagu Indonesia terbaik
• Info Sepak Bola dan bursa Mobil?
• Mau mejeng sambil cari jodoh
http://obatkankers.blogspot.com/
ingat klik bagian HOT di sebelah kanan blog good luck
DIJUAL NOMOR ESIA CANTIK
021-926 98 98 2
PEMINAT BISA MENGHUBUNGI 0813 17 287 289

Disclaimer

AJI Surabaya adalah organisasi yang berdiri di bawah AJI Indonesia di Jakarta. Organisasi profesi yang berbasis serikat pekerja ini berkonsentrasi pada kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan profesionalitas jurnalis.


:: 2008, Allright reserved by AJI Surabaya