Berita Terbaru AJI Surabaya

Punya masukan untuk AJI Surabaya? Undangan, bahkan pengaduan pelanggaran etika anggota AJI Surabaya? Kirimkan melalui email di ajisurabaya@yahoo.com. Atau telp/fax di nomor 031.5035086. Semua masukan, kritik dll akan dimuat di blog ini. Tetap profesional dan independen!

Senin, 11 Agustus 2008

AJI dan LBH Surabaya Mendampingi Hendro D. Laksono

Press Release

AJI Surabaya dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya melakukan pendampingan kasus perburuhan yang menimpa Hendro D. Laksono, Chief Editor majalah Mossaik. Dalam surat yang diterima AJI Surabaya Senin (11/08/08) ini, Hendro mengaku diberlakukan dengan tidak adil oleh Suara Surabaya Media.

Hendro masuk Suara Surabaya Media (sekitar bulan Juli-Agustus Oktober) dan diminta untuk membangun dan mengembangkan sebuah majalah Mossaik yang terbit perdana pada Desember 2002. Hendro menjabat sebagai Manager/Chief Editor. Mossaik memperoleh beberapa penghargaan. Diantaranya pada tahun 2204-2005, beberapa karya jurnalisiknya masuk di 5 Besar Karya Jurnalistik Pariwisata dalam Kontes Penulisan Jurnalistik Dinas Pariwisata Jawa Timur.

Beberapa karya di Majalah Mossaik juga jadi rujukan media-media lain, seperti IdeJournal.com (naskah wawancara khusus dengan Pramoedya Ananta Toer), Courrier International (artikel tentang apartemen di Surabaya dan Tradisi China di Jawa Timur). Dalam tiga tahun, Mossaik juga menggelar Mossaik Press Photo Contest yang kemudin tumbuh menjadi agenda fotografi nasional yang cukup diperhitungkan.

Sayangnya, kondisi bisnis Mossaik tak memperlihatkan perkembangan positif. Hingga pada Februari-Maret 2006, Suara Surabaya Media mempersiapkan majalah baru Surabaya City Guide. Mei 2006, wacana penutupan Mossaik mulai muncul, ketika Errol Jonathans (Direktur Operasional) memanggil Hendro dan menyatakan akan menutup Mossaik karena alasan bisnis yang bermasalah (merugi). Padahal jauh sebelumnya, Majalah Mossaik malah sering dihadapkan pada pemahaman bahwa produk ini tidak memiliki beban profit 100%. Karena Majalah Mossaik diposisikan sebagai proyek idealis SS Media yang berorientasi pada pencitraan.

Januari 2007, Suara Surabaya Media meluncurkan EastJava Traveler (EJT), sebuah majalah hasil kerja sama SS MEDIA dengan DISPARTA JATIM dibawah Mossaik Media Communication atau M-COMM. Produk ini jadi penyemangat luar biasa di kalangan tim REDAKSI Mossaik. Karena sedikit banyak, EJT memiliki beberapa ruang yang meski terbatas tapi cukup menjawab kerinduan dan kebutuhan aktualisasi tim. Meski akhirnya EJT berhenti terbit dengan alasan tidak jelas.

Masuk tahun 2008, tepatnya pada pertengahan tahun, isu pemecatan kru Mossaik mulai muncul. Beberapa tim Mossaik ditanggil secara bergiliran, karena ada isu aktifitas side job yang dikerjakan oleh kru Mossaik. Meskipun tidak terbukti. Hendro pun bernasib sama. Hendro dituduh membuah lembaga baru yang "bertabrakan" dengan M-COMM.

“Usaha yang Anda sebut bahwa saya terlibat, sudah berdiri pada tahun 2002 (akta notaris). Empat tahun sebelum M-COMM berdiri. Jadi saya merasa tidak melakukan pelanggaran apapun. Apalagi, sejak masuk buan Juli atau Agustus tahun 2002 hingga sekarang, atribut yang dibebankan pada saya adalah Chief Editor Majalah Mossaik, bukan manajer M-COMM," kata Hendro.

Core bisnis Majalah Mossaik dan M-COMM sangat berbeda. Sejak tahun 2006 hingga sekarang, tidak ada penjelasan, legalisasi status, dan updating jabatan struktural, fungsi, dan job disc Hendro. "Jadi kalau boleh saya bilang, M-COMM sebenarnya tidak pernah ada!” katanya. Mulai 19 Juli 2008 hingga 18 Agustus 2008, Hendro D. Laksono diskorsing sembari menunggu sanksi dari perusahaan atas "pelangaran" yang dituduhkan kepadanya. Kasus itu, saat ini masih berproses di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya.

5 komentar:

Novri mengatakan...

Selamat berjuang, kami disini membantu dengan doa.

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online mengatakan...

mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis =p

Anonim mengatakan...

Kеep οn writing, great job!
My weblog ... pikavippi

Anonim mengatakan...

Hey there! I've been reading your site for a long time now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Lubbock Tx! Just wanted to mention keep up the great work!
Here is my website :: freight broker agent training

Anonim mengatakan...

For newеst news you have to gο to see the
web and on wеb ӏ fοund this websіte as a finest site foг most recent updates.
My homepage :: eurovore

Disclaimer

AJI Surabaya adalah organisasi yang berdiri di bawah AJI Indonesia di Jakarta. Organisasi profesi yang berbasis serikat pekerja ini berkonsentrasi pada kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan profesionalitas jurnalis.


:: 2008, Allright reserved by AJI Surabaya